Kamis, 29 November 2012

Ayam Kampung Super Dengan Teknik IB

Saat ini dalam dunia peternakan ayam kampung pedaging sering di dengar istilah ayam kampung super. Ha ini dikarenakan jenis ayam kampung ini memiliki masa panen yang lebih pendek. Hanya saja ayam kampung super ini memang harganya lebih rendah dari ayam kampung asli.

Hal ini bisa di maklumi, karena ayam kampung asli ini masa panennya memang lebih lama, sehingga biaya produksi nya pun juga pasti lebih tinggi. Ayam kampung super ini bisa di peroleh degan menyilangkan pejantan ayam kampung dengan ayam ras petelur.

Adapun cara mendapatkan telur tetasnya bisa dengan mencampur induk betina dan pejantannya dalam satu kandang dengan perbandingan 1:4. Tetapi untuk mendapatkan telur tetas ayam kampung super ini ada cara yang lebih efektif, yaitu dengan inseminasi buatan. Sehingga ayam betina bisa tetap berada dalam kandang batrei dan ayam jantan hanya diambil bibitnya saja untuk di suntikan ke induk betina.

Cara ini bisa lebih efektif karena jika sedang tidak membutuhkan telur tetas, ayam petelur tetap bisa berproduksi sebagaimana biasanya untuk telur konsumsi. Inseminasi Buatan pada ayam kampung super adalah teknik mengawinkan secara buatan dengan memasukkan sperma ayam kampung jantan yang telah diencerkan dengan NaCl Fisiologis ke dalam saluran reproduksi ayam ras petelur yang sedang berproduksi. Penerapan teknik IB untuk produksi ayam kampung super yang dipelihara dalam kandang batere dengan tujuan antara lain: 1. Meningkatkan kemampuan reproduksi ayam betina untuk menghasilkan telur tetas. 2.

Meningkatkan produksi DOC yang seragam dalam waktu relatif singkat Keuntungan lnseminasi Buatan dibandingkan perkawinan secara alami dalam pengadaan DOC ayam kampung super adalah:
1. Penggunaan pejantan relatif lebih sedikit (efisien).
2. Memungkinkan dilakukannya seleksi dan persilangan antar induk yang memiliki mutu genetik unggul, sehingga dapat dihasilkan DOC unggul untuk tujuan tertentu .
3. Memungkinkan dilakukannya persilangan bagi ayam jantan unggul yang sulit melakukan perkawinan secara alami.
4. Dapat menghasilkan DOC dalam jumlah banyak, seragam dan dengan waktu relatifsingkat.
5. Memungkinkan dilakukannya persilangan dengan ayam jenis lain

Read more:
http://centralunggas.blogspot.com/2012/06/produksi-doc-ayam-kampung-super-dengan.html#ixzz2Df2Cg6uC

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar